Review : Etude House Precious Mineral BB Cream Cotton Fit W13 Natural Beige

by - December 12, 2014

Assalamua’lailkum.
Hai all readers ! ^^
Kali ini aku mau nulis super late review. Yes, the BB cream, Blemish balm cream yang sampe sekarang masih hebring di dunia perlenongan. BB cream juga terkenal semenjak trend korea menjamur, dan di korea sendiri bbc ini juga ada varian buat pria juga loh, ga cuma wanita aja yang pake (maklum artis boyband korea juga suka pake bbc biar muyus and kinyis-kinyis kulitnya :D).  FYI, baca di salah satu artikel female daily, bb cream ini awalnya bukan dari korea loh sebenernya (biar tahu baca disini dan disini ya tips buat pake bb cream ala artis korea ^^ ).  BB cream claimed have lightweight formula, good coverage, minimizer imperfection, and can heal your blemish. Bbc ini praktis banget karena dalam 1 produk aja udah ada makeup and skincare sekaligus. Bentuknya pun sekarang beragam dari cream sampe yang sekarang ngehits yakni cushion. Sayangnya, aku belum punya cushion, karena nunggu bbc abis dulu, hehe :P.  
Aku sudah pake bbc ini dari bulan juli sampe sekarang. Di review ini punya aku bbc nya masih kemasan lama, soalnya produknya sendiri  sekarang repackage. Tapi, setahuku formula dan isinya gag terlalu berubah kalo baca-baca di forum FD, cmiiw.  Daripada berpanjang lebar, yuk mari ah kita review saja bbc nya ^^. 








klik buat perbesar (sumber google image)
SPF 30/PA ++
Whitening + Anti Wrinkle
Anti Darkening

Cotton fit ini punya spf dan PA yang cukup tinggi plus bisa whitening dan anti wrinkle. SPF dan PA yang tinggi penting banget buat ngelindungi kulit dari sinar UVA dan UVB, apalagi kaya aku yang kadang kerjanya panas-panasan. Yang jadi concern aku dari awal adalah si anti darkening nya, soalnya bakat kulit aku emang gampang kusam/ dull  karena punya oily skin.
Selain 3 keunggulan diatas, si bbc etude ini punya tiga kelebihan lagi yakni paraben free, animal free, dan benzhophenone free, yang pastinya aman banget buat muka. Etude House ini juga punya 3 varian bbc loh, ada blooming fit, cotton fit dan yang terbaru perfect fit. Cause I have oily skin, I choose the cotton fit ones. Soalnya cotton fit fungsi oil control nya bagus, and  have cotton-powdery finish. Intinya, aku cari matte finish biar longlasting shine free, atau gak minyak dimuka gak geragasan gitu keluarnya :D. 




Etude house ini emang niat banget kalo urusan packaging, hampir semua lucu dan eye catching. Etude ini masuk kategori teen makeup line di korea sana. Bbc ini sendiri packaging nya dari plastic dilengkapi dus juga. Berhubung isinya banyak, jadi wajar banget kemasannya gedai dan panyaang, alias bulky. Karena bulky, jadi butuh makeup pouch yang agak besar dan panjang biar muat dibawa kemana-mana. Si cotton fit ini dus dan tube nya warna putih dengan tube keunguan. Warna putihnya sesuai sama namanya cotton (kapas), kesannya elegant, clean look, and little bit cute. Tube nya juga pump dan ada tutupnya, seperti bbc korea lainnya. Tipe kaya gini bagus menurut aku, hygienic banget, ga gampang tumpah, dan bisa ngatur seberapa banyak produk sesuai kebutuhan :D.


the pump




Bisa dilihat sendri kan kalo di bbc ini gag ada parabennya :D. Selebihnya bisa di cek sendiri bahan bakunya ya guys :). Cotton fit ini punya perlindungan spf 30/ PA ++ yang bisa melindungi kulit kita dari sengatan sinar matahari. Yang aku tahu dari artikel di FD, makin banyak PA nya perlindungan nya makin maksimal. Oiya satu tube ini isinya 60 gram yg buanyaak banget. Gak yakin 12 bulan kosong, secara pakenya ga pernah banyak banget, ini pun lagi diusahain pake sampe empties :D. 

 
Etude ini asal dan pabrikannya di korea. Kalo expired date nya 12 bulan setelah dibuka, makanya perlu diinget kapan pertama buka dan pake produk biar tahu kadaluarsanya. Kalo manufacture date nya sendiri, punyaku masih di tahun 2014-an awal. Aku sendiri beli dan pakai pertama kali sekitar pertengahan juli, jadi itungan expired nya sampe july 2015. Pokoknya harus teliti ya guys, biar ga kelewatan kapan expired nya :).  




Ada 3 shade buat bbc ini light beige, natural beige, dan honey beige. Dulu sempet beli sample sizenya dari ketiga shade ini. Pas coba honey beige jatohnya gelap, light beige terlalu terang dan greyish, natural beige lah yang paling masuk shade nya.  Akhirnya beli deh yang natural beige buat full size nya. Sebenernya natural beige masih sedikit whitecast di mukaku yang strong yellow undertone ini, tapi masih wajar dan tinggal diakalin aja pakenya.


Bicara soal texture, si bbc ini punya ini punya tekstur yang creamy tapi ga terlalu thick. Biasanya tingkat thickness bbc maupun foundie ditentukan dari PA nya juga, cmiiw. Jadi semakin gede PA makin thick texturenya. Gitu juga sama spf, spf ini menentukkan tingkat whitecast dimuka. Buat bbc cotton fit meski agak thick, tapi tetep easy to blend ya. Terhitung cepet melting jadi gampang dibaurkan pas pake jari, dan gak seret juga pas dimuka even matte finish. Aku pribadi ga ada masalah dengan tekstur si bbc ini, sejauh ini fine-fine aja :).


Wanginya si bbc ini enak banget buat aku, hehe. Wangi bedak bayi, soft and relaxing banget. Ga gampang ilang wanginya, tapi karena wanginya aku suka jadi ga masalah, hehe. Kalo yang ga suka wangi-wangian pun kayanya toleran deh ama wanginya, hehe. I feel like baby or underfive child (a.k.a balita) after bathing and add many powder on face  yang camerok / medok gitu malah kalo tiap apply bbc ini, ahaha :p.




Buat apply bbc ini tinggal taruh di titik – titik muka lalu di blend sesuai arah tumbuhnya rambut muka. Jangan lupa pake moisturizer dulu yah. Buat coverage lebih, tinggal  di dab dab aja. Berhubung ini shade nya agak pektay dikit dimuka, aku akalin deh pakenya. Aku ngikutin youtube beauty guru, pakenya di bagian extra coverage terlebih dulu dan di blend ke arah luar dengan jari. Jari lentiknya harus bersih yah pas apply :).

Setelah bbc aku cuma set dengan loose powder aja. Loose powder nya dengan warna hampir sama dengan kulit atau 1 tingkat agak gelap buat natural look dan daily use. Kalo buat extra coverage bisa ditambah twc tipis-tipis aja, biar oil controlnya bagus dan tahan lama. Aku sendiri jarang ngeset dengan twc kecuali buat event penting aja :). 


Finish nya sendiri matte buat si cotton fit ini, tapi gak dead matte banget, slightly glow malah. Hasilnya juga ga cakey juga. Berhubung kulit aku memang oily, jadi matte finish ini hasilnya enak-enak aja dikulit, ga bikin dry patches nya keliatan juga. Biasanya kalo aku pribadi, dry patches muncul dimuka pas lagi cuaca ekstrim dan lagi megar atau ganti kulit. Berhubung aku biasanya selalu pake moisturizer sebelum pake bbc, dan di bagian dry patches nya juga apply nya tipis banget biar gak cakey :). 



Coverage bbc ini ga terlalu sheer IMO, medium malah. My little bit redness, and dull skin bisa tercover sempurna dengan bbc ini, soalnya kulit jadi agak cerahan, and flawless hehe. Kalo lagi mata panda, bbc ini lumayan nolong sih buat aku. Aku biasa apply 2 layer buat bagian kantong mata tipis-tipis biar ke cover dan ga cakey pastinya. Tapi kalo buat jerawat atau bekas jerawat item-item gitu ga terlalu bisa ngecover bener-bener, jadi harus tambah concealer. Kalo aku prefer pake concealer buat bekas jerawat sih ketimbang nutup jerawatnya, entah kenapa agak ga nyaman aja sih pake concealer buat nutup jerawat.


Staying powernya bisa dibilang bagus. Selama survey kemaren aku pake terus dari jam setengah 7 pagi dan pulang lagi ke base camp jam 11 malem. Tentunya selama survey aku ga touch up sama sekali *secara panas-panasan dari pagi ke petang, buat survey kesehatan ke responden #eh curcol*, dan pastinya kena air wudu karena ga lagi period juga. Bbc anteng, ga oxy untungnya. Selain itu juga ga bikin darkening karena residu bbc yang ga kebersihin, soalnya kebanyakan bbc suka comedogenic dan bikin darkening juga.  Buat pemakaian outdoor sih, 2-4 jam pertama oil controlnya masih bagus, lebih dari 4-8 jam baru deh minyak nangkring di T-zone dan menyebar ke yang lainnya. Tapi kalo di ruangan ber AC mulai minyakan 6 jaman keatas itu pun dikit banget di bagian t zone aja.
(Tambahan : Aku pribadi setelah pake bbc selalu double cleansing yang simple aja, biar gak komedoan dan darkening. Soalnya pernah udah pake bbc tapi ga double cleansing efeknya kalo ga jerawatan ya komedonya blackheads and whiteheads muncul deh)


For the price tag, etude house it’s not really cheap I think. Kalo beli di online shop berkisar IDR 150-170k, kalo di store bisa IDR 400k.  Aku sendiri belinya di salah satu olshop di IG dengan harga IDR 155k.


Overall the bb cream is awesome enough. The claim mostly true on my skin, anti darkening, make face brighter and good oil control. It suits for people whose have oily skin like mine. With big size, it really enough for 1 year usage, hehe.





+ High Spf, anti wrinke, anti darkening
+ Paraben, animal and benzophenone free
+ good oil control
+ easy to blend and  good coverage
+ Hygienic with pump


- bulky packaging
- shade a little bit whitecast on me

Repurchase?? Maybe, pengen coba cushion.

Psst, ini  tambahan FOTD yah abis pake bbc terus dandan deh hehe #nofilter :D

no filter  needed fotd nya hehhe :D

Ini dia yang aku pake buat FOTD yah :
- Etude bbc cotton fit shade w13 natural beige
- Caring colors Loose Powder UV white shade no.2 Shell Petal (ini reviewnya masih lama, kalo abis dan repurchase aku review deh :p)
-Maybeline Hypersharp Eyeliner (review soon) 
- Etude House Vivid Popstick No.4 Baby (review soon)
- Sariayu gloss gel (review soon)

Thank you for reading :D
Salam and much love,



All right reserved.

Do not copy paste without allowance

or any permission from authors.

You May Also Like

3 komentar

  1. uda lama pengen coba yg ini tapi etude yg lama ga habis2 haha nice review :)
    @freddy_friday blog

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener banget si etude ini isinya banyak jadi terlalu awet sampe susah abisinnya hehe

      Delete
  2. Nice review, aku pengen banget nyoba ini tpi masih bingung antara bbc nya ettude cotton fit atau bbc nya tbs yang tea tree :"

    ReplyDelete

Thank you sudah mampir dan nulis komen di blog ini.
Komentarnya aku moderasi supaya bisa balesin 1 per 1 ^^.
Silahkan tulis link alamat blognya ya, tapi jangan link hidup ya :)
Anonim, spam, yg jualan, maaf aku hapus.