6 Tips Belanja Bulanan Kekinian yang Efektif dan Efisien

by - November 29, 2016



Online shopping rasanya sudah jadi bagian dari lifestyle sehari-hari. Gimana nggak, ditengah sibuk bekerja dan belum tentu punya waktu yang banyak buat bisa milah-milah belanjaan, rasanya online shopping ini jadi solusi yang pas banget. Selain bisa meringkas banyak waktu, buat saya nih rasanya bisa sedikit bisa relaks sambil nunggu paketan datang aja, haha. Tinggal tunjuk aja di web, bukan sulap bukan sihir gak lama barangnya juga dateng :D.

Nah, kali ini biar belanja bulanan aman, nyaman dan beneran bisa angkang-angkang kaki, saya mau share beberapa tips yang biasa saya lakukan dan siapa tau bisa bermanfaat juga buat kalian gaess yang pengen belanja lebih efektif dan efisien. Ini dia : 


1. Bikin To Do List Barang Belanja




Metode lama yang nggak pernah salah, dan berfaedah sekali dari jaman baheula sampai kekinian sekarang. Orang luar negeri sana pun pada seneng tuh to do list ini biar hidup makin rapih dan tertata. Saya sendiri nggak terlalu well organized, you know lah INFP *alesan*, tapi kalau mau belanja pasti pakai to do list even cuma ke warung doang. Segitunya, biar nggak lupa :).

Tapi percayalah, to do list ini bisa secara sadar-nggak sadar bisa sedikit bikin kita debt diet apalagi yang mau mulai frugal life. Soalnya selain kita ngelist apa aja yang mau dibeli, kita juga bisa sekalian milah lagi mana yang butuh, lapar mata, sama yang bisa di subtitusi. Gak bikin feeling guilty pleasure lagi kan kalau beli barang yang laper mata doang ;).

2. Cari Web yang Tampilannya Enak dan Clean

Sebagai anak yang lumayan visual dan general, tampilan web si online shopping ini juga kudu enak. Apalagi kalau mau belanja, kan harus banget ngeliat price tag yang ada per item nya yang jelas. Kan nggak mau juga pas bebayaran harga yang diliat jadi beda sama yang di web nya. Udah nggak jaman, belanja kucing dalem karung lagi, secara cari jodoh aja nggak mau pake acara drama dikarungin, LOL.

3. Multiple Payment Method 


Banyak metode pilihan pembayaran itu jadi satu pertimbangan wajib buat saya dan semua orang.  Apalagi buat orang-orang yang nggak terlalu demen bawa uang cash banyak XD. Ditengah trend yang mulai apa-apa e-money dan saat -saat kepepet kalau lagi nggak ada retjehan, rasanya pengen praktis aja. Jadi maunya tinggal potong langsung dari saving account biar lebih rikes gitu, hehe. Tapi kalau kalian nih gaes-gaes yang kebalikannya dari saya, nyari tempat belanja  yang bisa suka COD atau Cash On Delivery juga penting kan ya ;).

5. Banyak Promo dan Diskonan

Promo yang banyak itu memang menggoda iman lah ya, contohnya nih kayak Buy One Get One Free dan diskonan per item ala-ala market yang di US sana. Sebagai anak kekinian yang sering modis alias modal diskon, saya nggak negelewatin kalau ada promo atau deal-deal yang bagus. Jadi banyak promo dan diskon itu jadi bagian yang penting banget sebelum belanja.   

6. Trusted

Bukan hubungan aja yang butuh kepercayaan satu sama lain, belanja pun butuh gaes, butuh kepercayaan satu sama lain antara seller dan buyer. Apalagi berkaitan dengan urusan fuyus, segala bentuk penipuan itu sensi dan gengges banget. Walaupun si trusted ini saya tulis dibagian paling akhir, tapi sebenernya ini yang paling esensial dan utama. Ga ada keperacayaan semua urusan dan perkara diantara kita bisa bubar jalan, tul betul betul ?

Berhubung  salah satu retail minimarket Alfamart mau ada alfamartonline , saya merasa excited banget gaes :D. Soalnya saya yang lagi sok sibuk, dan bergerak leluasa ini jadi rada bisa lebih banyak istirahat dan bisa me time sambil angkang-angkang kaki hehe.  Belum lagi saya juga demen beli maskara di alfamart dan siapa tau ada deal menarik banget di alfamart online nya, hihi. Secara di offline nya aja deal-deal nya lumayan banget :p.

Pas banget kan kalau tips ala-ala saya ini bisa diterapkan saat mau belanja bulanan via online juga? Hehe. Nah kalau kalian gimana, ada tips and trick lain biar belanja online nya enak dan efisien lainnya nggak? Sharing yuk di comment, biar saya juga jadi bisa makin pinter belanja dengan hemat ;). 

All right reserved.
Do not copy paste without allowance 
Or any permission from authors.


You May Also Like

7 komentar

  1. Sama nih des T.T sejak kenal olshop, rasanya kok demen melototin layar mulu yak xD tapi kapo barang semisal baju atau sepatu gitu, aku krg yakin beli onlen..takut ga cocok, walopun sdh ada keterangan ukuran. Hm tapi kan aku bego bgt masalah "jenis kain" >.< jadi utk pakaian gitu enakan liat langsung, jd biar bisa dipegang langsung.


    tulisandarihatikecilku.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku sama banget kalo soal sepatu sher, kaki aku labil banget kadang 39 kadang 40 T.T jadi ngga bisa beli online2, kecuali si olshopnya punya offline, pasti aku datengin offline nya.
      Kalau kain, aku ketolong karena berhijab sih sher.
      jadi tinggal banding2in aja sama kerudung hihihi :D

      Delete
  2. Penting banget nih tipsnya <3
    salam kenal ya mba

    http://thejackieofalltrades.com

    ReplyDelete
  3. wah, boleh juga nih dicobain tipsnya... aku malah gk kepikiran kyk gitu..hehe

    ReplyDelete

Thank you sudah mampir dan nulis komen di blog ini.
Komentarnya aku moderasi supaya bisa balesin 1 per 1 ^^.
Silahkan tulis link alamat blognya ya, tapi jangan link hidup ya :)
Anonim, spam, yg jualan, maaf aku hapus.