Tujuh Tempat Wisata Wajib di Lombok*

by - November 25, 2016

Mau akhir tahun, pasti udah ada planning mau liburan kemana? Saya pengen banget liburan jauh-jauh, apalagi kalau ada waktu libur panjang hehe. Kalau liat tempat wisata yang ada di Lombok, Nusa Tenggara Barat pada ciamik, rasanya pengen iyes iyes aja liburan kesana, soalnya tiap penjuru kotanya indah banget :D. Sebelum kesampaian secara finansial dan kelapangan hatinya, saya mau share tempat-tempat yang ciamik banget yang nampaknya harus masuk wishlist buat didatengin. Itung-itung sambil nulis ini, sekaligus jadi pengingat dan doa kalau kelak bisa kesananya nggak sendirian lagi #kode haha. 

Biar nggak bu-bi-bu pas udah sampai di Lombok sana, ada baiknya sebelum mendarat di Bandara Internasional Lombok kita hunting-hunting beberapa destinasi wisata di Lombok yang instagramable. Biar pas udah liburan nggak cuma jiwa raga yang fresh bak lahir kembali, tapi feed instagram juga makin ciamik #kekinian. Nah ini dia wishlist tempat di Lombok sebagai tempat wisata favorit dengan spot-spot yang bagus buat feed atau instagramable. Check this out!


1.  Gunung Rinjani.




Gunung Rinjani adalah gunung berapi kedua tertinggi yang ada di Indonesia. Sebagai anak yang demen naik gunung, saya mau banget kalau mendaki gunung yang satu ini. Soalnya kalau mendaki gunung yang tingginya 3760 mdpl ini dapet bonus pemandangan Danau Kawah Segara Anakan. Jadi di puncak gunung, bisa liat ademnya danau dan lembah sekaligus sambil menikmati sunset atau sunrise dengan cerah.

Searching kesana sini sih, katanya ada satu trick yang jarang diketahui oleh para pendaki yaitu untuk mengurangi rasa lelah setelah mendaki gunung adalah mampir ke suatu resort atau hotel. Pastikan memilih resort yang memiliki tempat pemandian air panas. Masuk akal juga sih trick nya, soalnya kan kalau udah naik dan turun gunung badan pasti pegel, dan saya suka encok kadang #tuabangetpenyakitnya haha. Jadi buat malam harinya kita bisa istirahat enak tuh kalau bisa nemu penginapan yang murah hehe, dan besoknya semangat lagi buat jalan-jalan ^^.  Buat list hotelnya kalian bisa cek aja klik sini .

2. Taman Narmanda


Taman yang satu ini bisa jadi list yang kudu didatangin nampaknya buat sekedar adem dan ngaso-ngaso santai, setelah turun gunung hehe. Pemandangannya juga bagus dan ada kolamnya, jadi enak banget kalau ngobrol di salah satu pojok ruang terbuka hijau di Lombok sana ya. Sekarang Taman Narmada dikelola dengan baik, hasil pembangunan dari serangkaian perbaikanpun terlihat cukup indah. 

Fyi, dahulu Taman Narmada digunakan untuk tempat peristirahatan keluarga raja dan upacara pekelem. Nah nama Narmada sendiri diambil dari kata Narmadanadi yaitu anak Sungai Gangga yang suci di India. Mungkin efek akulurasi kerajaan hindu budha masa lampau ya, jadi agak unik namanya, hehe.

3. Air Terjun Benang Kelambu


Wiih, air terjun itu favorit place yang paling nggak bisa saya lewatin deh. Gegara suka banget sama paradise falls di film Up, saya suka semangat gitu kalau main ke wana wisata yang ada air terjun atau curug kalau Bahasa Sundanya. Anyway, ini nama air terjunnya unik ya di Lombok, Benang Kelambu. 

Lokasinya si air terjun benang kelambu ini berada di kaki Gunung Agung, tepat di tengah-tengah Pulau Lombok atau sekitar satu jam perjalanan dari kota Mataram. Suasana di air terjun ini cocok banget buat yang suka nyebur atau main air sambil ngadem liat panorama yang bagus. Seperti kebanyakan air terjun yang udah saya datengin, masuk lokasi wisata ini cukup terjangkau. Wisata air terjun itu memang ramah dikantong, tapi jangan lupa bawa kantong keresek ya biar nggak nyampah disana :D #cintakebersihan.

4. Pantai Kuta Lombok

Lombok juga punya Pantai Kuta Lombok loh gaez.  Di Lombok? Bukannya di Bali? Di Lombok juga ada pantai yang bernama Pantai Kuta, jadi namanya sama kaya yang di Bali. Mungkin dinamakan demikian itu karena keindahan dan unsur eksotisnya mirip kali ya sama Kuta di Bali dengan hamparan pasir putih tiupan angin dan deburan ombak yang besautan. Berhubung yang namanya pantai itu asyik, jadi ya Pantai Kuta Lombok ini masuk list yang harus didatengin buat saya. 

5. Desert Point Lombok 

Yang suka surfing bakal seneng banget kali ya kalau main ke main ke Pantai Bongko-Bongko ini. Saya nggak bisa surfing sih kak :3, tapi kalau liat ombak gede-gede gitu cuman seneng dipinggirannya aja, soalnya kaya main air gak jelas gitu haha. Buat yang hobi atau suka banget surfer, nampaknya pantai yang satu ini nggak bisa dilewatin gaez. 

Pasalnya pantai yang satu ini pernah dinobatkan sebagai 10 tempat surfing dengan ombak terganas versi International Surfing Association.  So, buat surferer nih jangan merasa peselancar sejati jika Anda belum coba ombak di sini gaez.

6. Pantai Senggigi

Pantai yang satu ini tuh sering banget di mention sama mendiang Papa, karena beliau termasuk yang beberapa kali pernah ke Senggigi. Buat yang nggak bisa surfing atau pengen ke pantai yang kalem ombaknya Pantai Senggigi ini bisa jadi alternatif.  Lokasinya berada di sebelah barat Pulau Lombok. 

Pantai ini memiliki pemandangan pantai dan bawah laut yang cukup indah. Berbeda dengan Pantai Bongko-bongko yang ombaknya besar, Pantai Senggigi memiliki ombak yang tidak terlalu besar sehingga aman untuk snorkling. Pertama dan terakhir kali snorkling saya di Pulau Sempu dan kelak kalau ke Pantai Senggigi saya bakal nyemplung lagi buat snorkling deh, hihi. 

7. Gili Trawangan



Who doesn't know Gili Trawangan? Tempat instagramable ini pasti bakal banget saya datengin, terutama karena ada ayunan yang suka dipakai caption bapers sama smart free single :p. Pokoknya di pantai ini momen piknik ala-ala feed instagram bakal dapet banget lah, apalagi naik ayunan sambil sunset sendirian  #eeaahalauqaqa haha.

Pemandangan yang instagramable gak cuma pantainya tapi bawah lautnya juga loh. Ikan-ikan dan terumbu karangnya bisa membuat lupa waktu berenang di tempat ini. Pesona indah inilah yang membuat kita yang kesana rasanya wajib banget buat diving di Gili Trawangan ini.


Nah, gimana ? Wishlist nya udah jadi, tinggal eksekusinya kapan ada waktu dan fuyusnya buat liburan ke Lombok sana. Kalau kalian gimana readers? Udah tau kapan? Kalau udah segera tentuin dan ajak temen yang bisa motret (penting! biar feed instagramnya penuh foto kece, lol). So, Selamat Berlibur ya readers, semoga artikel ini dan liburannya berfaedah :*. 

You May Also Like

2 komentar

  1. you should to make this post come true kakkkk, pokoknya kalo ke lombok harus bilang ema yaaaaa. harus ketemu kitaaa :3 pantai senggigi 25menitan dari rumah aku, nanti kita makan sate disana :3

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin... aamiin banget banget ema ^^
      doakan yaa :)

      Delete

Thank you sudah mampir dan nulis komen di blog ini.
Komentarnya aku moderasi supaya bisa balesin 1 per 1 ^^.
Silahkan tulis link alamat blognya ya, tapi jangan link hidup ya :)
Anonim, spam, yg jualan, maaf aku hapus.