Beli Kain dan Baju Batik Di Tokopedia Aja Yuk !

by - February 10, 2017


Sejak batik masuk sebagai wariasan budaya di Unesco, rasanya kewajiban berbatik di setiap hari jumat itu jadi bagian gaya hidup, tul ga sih? Budaya berbatik saat ini nggak melulu cuma buat ke acara formal lagi baik di pria maupun wanita. Selama saya kerja kantoran juga, kegiatan berbatik di hari jumat juga jadi bagian rutinitas yang gak bisa di skip


Sayangnya saya suka kudet banget ama kehabisan ide dan gaya aja sih soal batik-batikan ini. Di satu sisi saya suka galau nyari baju batik yang kekinian modelnya, dan juga cari kain batik yang lucu buat saya jahit jadi baju lagi atau sekedar dipakai buat bawahan kebaya. Padahal yah, kalau saya mau sering explore sih sebenernya banyak banget yang model batik yang gemay-gemay itu kalau rajin main ke Tokopedia.



Iya ke Tokopedia in aja, soalnya disana banyak banget model baju batik wanita modern yang sayang banget kalau sampai nggak ke explore. Selain model yang kekinian juga pada ada, di sana juga ada yang jual kain batik asal daerahnya loh macam dari Pekalongan, Solo, dan lain-lain. Selain serba ada, harganya juga variatif dan terjangkau banget buat yang suka belanja on budget.  

Di tokopedia ini juga kalau beli di website atau apps mobile nya ada pilihan buat mau nyari sellernya dan juga range harganya yang kita mau gimana. Kan enak aja gitu, kalau belanja bisa di sort by price, hemat waktu dan budget juga tetep aman terkendali :D.
Eits nggak cuman batik-batikan aja loh yang ada di Tokopedia. Ada juga fashion wanita online  nya juga loh. Jadi kalau kalian mau beli bajunya atas ama bawahan, bisa langsung mix and match dalam 1 website aja. 

Asyik kan yah, hidup nggak ribet dan semua jadi gampang aja gitu sama Tokopedia. Belum lagi harganya yang ramah di kantong, jadi kalian bisa saving cost lebih banyak tuh buat jajan yang lain, kaya mau beli makeup misalnya *teteup* haha. 

Nah saya mau sendiri mau berbagi tips ala-ala saya aja sih buat beli bahan batik sama perawatannya gimana. Soalnya pada tahu sendiri kan, kain batik ini pada tricky yang gampang-gampang susah di rawatnya. So ini dia beberapa tips belanja baju atau kain batik secara online yah:

1. Kenali bahan batik

Batik kan sekarang nggak cuman bahan kain kebat yang kaku-kaku gitu kan, jadi kalian bisa banget milih banyak bahan. Kalau buat daily nih kalian bisa pilih bahan cotton yang nyerep keringet, atau mau satin yang mengkilap buat kesan lebih formal dan glam. Bisa juga pakai sutra atau silk biar lembut dan ada sedikit shiny nya yang lebih kalem dibanding satin.

2. Pilih motif yang bisa mencirikan kita banget

Sebenernya ngga ada pakem atau aturan yang baku sih buat motif batik di era jaman sekarang. Tapi kalau buat saya sih motif ini penting banget, soalnya kan nentuin banget kesan yang mau dibuat nya kaya gimana. Saya sendiri cenderung yang concern soal motif ini, soalnya kalau nggak sreg suka sayang banget aja nantinya nggak kepakai.

Jadi pilih yang sesuai sama karakter kita aja mau yang playful dengan full colour atau mau yang anggun dengan warna tone yang cenderung earthy tones, its up to you gaes yang penting pede dan nggak salah kostum pas dipakai ;).

3. Jangan ragu tanya seller

Ini penting banget, tanyakan sedetail-detailnya deh pokoknya kalau belanja online. Terutama size, ukuran lebar dan panjangnya kain atau baju biar pas barang dateng kita dapet size yang pas dan fit di badan. Terus kalau kita ragu nih sama warnanya, jangan sungkan tanya kemiripan warnanya berapa persen antara foto sama barang aslinya.

4. Tanya perawatan

Ini penting banget buat ditanyain, terutama buat yang belum pernah beli kain batik dan nggak tahu gimana cara ngerawatnya. Emang sih diluar sana banyak banget kok cara buat ngtreat kain batik ini gimana biar awet, kaya nyucinya pakai larutan atau detergent khusus buat kain batik. Tapi kaya teknis boleh di rendam atau nggak, boleh di kucek tangan, atau pakai mesin cuci ini juga penting banget ditanyain. Karena nggak semua kain batik atau baju batik mencantumkan how to handle nya loh. Sebagai buyer kitalah yang harus lebih teliti aja. 

So, gimana mau nyoba nggak nih belanja batik-batikan di Tokopedia nya ? Jangan lupa belanja yah ;). 





You May Also Like

0 komentar

Thank you sudah mampir dan nulis komen di blog ini.
Komentarnya aku moderasi supaya bisa balesin 1 per 1 ^^.
Silahkan tulis link alamat blognya ya, tapi jangan link hidup ya :)
Anonim, spam, yg jualan, maaf aku hapus.